Fanatisme Penggemar K-Pop dan Perilaku Konsumtif dalam Komunitas NCTzen Palembang

Authors

  • Gita Isyanawulan Universitas Sriwijaya
  • Yulasteriyani Universitas Sriwijaya
  • Nurhaliza Universitas Sriwijaya
  • Yosi Arianti Universitas Sriwijaya
  • Lisya Septiani Putri Universitas Sriwijaya
  • Jati Arifiyanti universitas jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/e-sospol.v12i2.53787

Abstract

Fanatisme merupakan fenomena umum yang ditemukan di kalangan penggemar K-Pop, terutama pada penggemar boyband NCT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif anggota komunitas NCTzen di Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner daring kepada 90 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fanatisme berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa fanatisme memberikan kontribusi sebesar 57,5% terhadap perilaku konsumtif, sedangkan 42,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-27