Fanatisme Penggemar K-Pop dan Perilaku Konsumtif dalam Komunitas NCTzen Palembang
DOI:
https://doi.org/10.19184/e-sospol.v12i2.53787Abstract
Fanatisme merupakan fenomena umum yang ditemukan di kalangan penggemar K-Pop, terutama pada penggemar boyband NCT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif anggota komunitas NCTzen di Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner daring kepada 90 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fanatisme berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa fanatisme memberikan kontribusi sebesar 57,5% terhadap perilaku konsumtif, sedangkan 42,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mengusulkan naskahnya untuk dapat diproses penerbitannya pada e-SOSPOL dianggap telah menyetujui beberapa hal sebagai berikut:
1. Penulis tidak dapat menarik naskah yang telah usulkan untuk diproses hingga mendapat jawaban dari Ketua Dewan Penyunting atas status naskah artikel ilmiahnya (diterima atau ditolak untuk diterbitkan).
2. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap kasus plagiasi atas artikel yang terbit pada e-SOSPOL
3. Penerbit tidak bertanggung jawab atas data dan isi dari artikel yang diterbitkan pada e-SOSPOL, dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.