Kinerja Aparatur Dalam Pelayanan Kependudukan Di Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Lisa Dian Sartika universitas jember
  • Suji Suji Ilmu Administrasi Negara FISIP UNEJ
  • Abul Haris Suryo Negoro Ilmu Administrasi Negara FISIP UNEJ

DOI:

https://doi.org/10.19184/e-sospol.v10i1.37721

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kinerja maupun kualitas pelayanan aparatur pemerintah desa Sumberarum kecamatan Songgon kabupaten Banyuwangi. Kualitas pelayanan di Desa Sumberarum dalam menyiapkan informasi dan bahan yang dibutuhkan kepentingan masyarakat masih kurang optimal. Isu-isu masalah yang kurang optimal dalam pelayanan administrasi yaitu lambatnya dalam mengurus surat-surat yang berkaitan dengan masyarakat setempat. Kinerja aparatur pemerintah desa dan juga kualitas pelayanan yang ada dalam pelaksanaan pelayaan adalah kunci pokok dalam penelitian ini. Pegawai kantor Sumberarum banyak yang tidak memberikan informasi yang baik sehingga mengakibatkan minimnya sumber akses informasi dan komunikasi, kurangnya kedisiplinan pegawai kantor desa yang mengakibatkan pelayanan kependudukan kurang optimal. Fungsi dari aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka aparatur harus memiliki tugastugas yaitu dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, melindungi ketentraman, dan juga ketertiban yang ada di masyarakat lalu dapat melaksanakan prinsip tata dalam pemerintahan desa yang bersih dan bebas dari kolusi dan juga nepotisme dan menjalankan administrasi pemerintah yang baik dan benar sesuai dengan tugasnya. Kata kunci: administrasi, kinerja, pelayanan publik, kualitas pelayanan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-09